Listrik Tenaga Surya untuk Pabrik dan Industri

Sebagai pemilik dan pengelola pabrik dan industri, semua keputusan investasi tentu berorientasi pada “bottom line” yaitu meningkatkan pemasukan atau mengurangi pengeluaran.

Akhir tahun 2015 silam di Malaga Australia Barat, Plas-Pak WA Pty. Ltd.  perusahaan pembuat produk kemasan dan komponen plastik, meresmikan selesainya proyek pemasangan listrik panel surya berkapasitas 100kWp.

Seperti yang diberitakan situs Infinite Energy Australia, Plas-Pak melakukan perhitungan bahwa pemasangan listrik tenaga surya ini akan mengurangi pengeluaran pemakaian listrik sebesar 30% setiap tahun.

Bagaimana mereka melakukannya? Ada dua faktor penting yang disebutkan Stephen Kiss dari Plas-Pak dalam wawancara dengan Infinite Energy.

Faktor utama adalah memastikan kapasitas pemasangan sesuai dengan pola pemakaian listrik. Apabila dilihat dari tampilan monitoring listrik surya di bawah, terlihat 100% dari produksi listrik (731kWh) dipakai di pabrik sehingga total pemakaian listrik dari sumber lain berkurang hingga 30 %. Keuntungan berganda Plas-Pak ialah mereka tidak perlu membeli listrik di beban puncak (peak load) yang harganya lebih mahal.

https://i2.wp.com/www.infiniteenergy.com.au/wp-content/uploads/2015/11/Plas-pak-100kW-solar-L4.jpg?resize=700%2C480&ssl=1

Faktor kedua adalah proses pemilihan kontraktor untuk perancangan dan pemasangan yang sangat teliti. Stephen menyebutkan waktu sekitar 2 tahun untuk memastikan mereka memilih rancangan dan kontraktor yang tepat. Plas-Pak mengharapkan umur pemasangan bisa mencapai umur maksimum yaitu di atas 25 tahun.

Pemasangan listrik tenaga surya juga membantu Plas-Pak lebih cermat dalam penggunaan energi. Dengan pemasangan monitoring dan alarm, Plas-Pak dapat menggunakan listrik dengan cara yang optimal untuk mengurangi pemakaian listrik yang harus dibeli dari sumber di luar luar tenaga surya.

Di Indonesia, banyak sekali pabrik dan industri dengan kapasitas yang sama atau bahkan jauh lebih besar dari Plas-Pak Australia. Adalah suatu keuntungan bagi pemilik dan pengelola pabrik dan industri untuk mulai melihat listrik tenaga surya sebagai keputusan ekonomis yang tepat. Sudah ada beberapa contoh industri tekstil, peternakan, dan pertanian di Indonesia yang mulai menggunakan listrik tenaga surya dan merasakan manfaatnya.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting adalah kebanggaan dari pabrik dan industri Indonesia untuk bisa berkontribusi dalam pelestarian lingkungan (green company) dengan menggunakan energi terbarukan. Hal ini bisa memberi nilai tambah untuk reputasi perusahaan tersebut.

AIQSC menyelenggarakan workshop rutin untuk membantu pemilik dan pengelola pabrik untuk mengetahui bagaimana listrik tenaga surya bisa menjadi keputusan yang menguntungkan. Silakan hubungi kami di contact@aiqsc.com untuk informasi lebih lanjut atau tinggalkan pesan di bawah.

 

Leave a Reply