Perhitungan ekonomis listrik surya bagi pemilik gedung

Penggunaan listrik panel surya atap untuk pemilik gedung dengan luas area yang besar memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Perhitungan cermat harus dilakukan dengan membandingkan total tagihan listrik terhadap biaya investasi pemasangan panel surya dan umur pakainya. Keuntungan penggunaan listrik tenaga surya akan lebih baik lagi untuk gedung-gedung yang lebih banyak dipakai di siang hari.

Pada Maret 2016 silam, Broadway Shopping Centre di Perth Australia menyelesaikan pembangunan pemasangan listrik panel surya atap terbesar di Perth.  Total terpasang 948 panel surya dengan kapasitas terpasang sekitar 312 KW. Menurut laporan situs ABC, dengan biaya pemasangan AU$ 600.000 (sekitar 6 milyar Rupiah), pemilik gedung bisa menghemat sekitar AU$ 20.000 (sekitar 200 juta Rupiah) per bulan. Dengan perhitungan balik modal sekitar tiga tahun sementara umur panel surya biasanya bisa melebihi 25 tahun, ini berarti 22 tahun manfaat penggunaan listrik secara gratis untuk sang pemilik gedung.

Solar Panel in Broadway Shopping Centre Nedlands

1 comment

Tidak dapat disangkal lagi…Roof Top PV sangat effisen dan terbukti unggul dan memberikan penghematan yang signifikant kepada penggunanya.

Leave a Reply